Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Anda Tahu

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

sakit-perut-sebelah kiri-doktersehat

DokterSehat.Com – Perut adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif sehingga harus mendapatkan perhatian khusus. Di dalam perut terdapat berbagai macam organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karenanya, Anda harus peka untuk melihat gejala datangnya penyakit pada perut, salah satunya adalah sakit perut sebelah kiri.

Mengenali Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Pada umumnya, masalah sakit perut tidak mendapatkan perhatian khusus dari penderitanya, justru masalah ini sering kali diabaikan. Padahal, sakit perut sebelah kiri bisa disebabkan oleh banyak hal dan memiliki dampak yang beraneka ragam. Jika tidak segera diatasi sakit perut bisa menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Ketika berbicara mengenai sakit perut, sebenarnya ada banyak jenisnya. Sakit perut bisa dikarenakan usus, lambung, ataupun sistem pencernaan yang terganggu. Namun, dari masing-masing sakit tersebut memiliki beberapa perbedaan, seperti halnya sakit perut satu sisi atau sakit perut sebelah kiri atau kanan.

Pernahkah Anda merasakan sakit perut satu sisi saja, misalnya sebelah kiri? Jika pernah, maka jangan sampai menyepelekannya. Sebab, dari berbagai kasus terjadi, banyak orang yang meregang nyawa akibat dari hal sepele ini.

Sakit perut sebelah kiri bisa mengindikasikan seseorang sedang mengalami beberapa gangguan serius. Lantas, apa saja penyebab perut sebelah kiri sakit? Berikut di antaranya:

1. Batu ginjal

Sakit perut sebelah kiri bisa jadi penanda bahwa ginjal Anda sedang dalam kondisi tak sehat. Hal ini dikarenakan adanya pengendapan batu kristal mineral pada saluran kencing.

Biasanya, sakit perut akibat batu ginjal akan terasa pada bagian kiri bawah dan kemudian menimbulkan nyeri perut sebelah kiri. Selain itu, ada juga reaksi lain yang menggambarkan bahwa Anda sedang mengalami gatu ginjal, yakni dengan warna urine yang sedikit gelap serta rasa nyeri pada kelamin.

Selain itu, infeksi pada ginjal juga bisa menyebabkan sakit perut sebelah kiri bawah. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Perut sebelah kiri sakit ini juga dirasakan bersama keinginan untuk buang air kecil berulang kali, urine berdarah, hingga rasa panas saat membuang urine.

2. Hernia

Mungkin Anda sudah tahu jika hernia atau banyak orang menyebutnya dengan turun berok, merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat organ di dalam tubuh keluar dari posisi asalnya atau merosot. Hal ini akan menyebabkan perut sakit sebelah kiri.

Terdapat banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalamai hernia, di antaranya:

  • Sering mengangkat beban berat.
  • Menumpuknya cairan di rongga perut.
  • Bersin terjadi dalam waktu yang lama.
  • Kehamilan, meningkatnya tekanan dalam dinding perut.
  • Konstipasi, membuat Anda mengejan dengan keras saat buang air besar.

3. Usus buntu

Penyebab sakit perut sebelah kiri ini sudah cukup populer di masyarakat yaitu usus buntu. Usus buntu selalu dikaitkan dengan perut sebelah kiri sakit atau sebelah kanan. Gejala utama dari usus buntu adalah nyeri pada perut.

Rasa nyeri ini dapat berawal dari pusar, lalu bergerak ke bagian kanan bawah perut. Namun, posisi nyeri dapat berbeda-beda, tergantung usia dan posisi dari usus buntu itu sendiri.

4. Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi yang terjadi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran percernaan, terutama di usus besar (kolon). Penyebab divertikulitis sendiri belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat makanan atau feses yang terjebak di dalam divertikula yang kemudian menyumbatnya. Rasa sakit perut sebelah kiri biasanya muncul ketika tubuh Anda bergerak atau setelah makan.

5. Penyakit Crohn

Sakit perut sebelah kiri berikutnya bisa disebabkan oleh penyakit Crohn. Ini adalah penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Kondisi ini bisa terasa sangat menyakitkan, membuat tubuh merasa lemah, dan terkadang bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam bisa mengancam nyawa.

6. Kista ovarium

Kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium dalam dunia medis dikenal dengan kista ovarium. Setiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kiri dan satu di bagian kanan.

Sejumlah gejala yang harus diwaspadai dari kista ovarium adalah perdarahan berlebih saat menstruasi, sakit perut sebelah kiri bawah, nyeri di tulang panggul, hingga kesulitan buang air kecil dan besar.

7. Endometriosis

Sakit perut sebelah kiri bawah berikutnya bisa disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis adalah sebuah kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim.

Jaringan ini dapat tumbuh di indung telur, tuba falopi, rektum, vagina hingga usus. Gejala yang bisa dikenali adalah nyeri perut sebelah kiri bawah dan sekitar panggul. Perlu diketahui, tingkat keparahan nyeri tidaklah menandakan tingkat keparahan endometriosis.

Beberapa wanita yang mengalami endometriosis ringan dapat merasakan nyeri yang parah. Sedangkan, wanita dengan endometriosis berat hanya merasakan sedikit atau justu tidak merasakan nyeri sama sekali.

8. Gastritis

Iritiasi pada lapisan lambung dapat menyebabkan gastritis. Selain itu, gastritis juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang bisa menyebabkan luka. Bahkan, obat penghilang rasa sakit tertentu dan terlalu banyak mengonsumsi alkhol juga bisa menyebabkan gastritis.

Gejala yang bisa Anda kenali adalah sakit perut sebelah kiri atas yang terasa seperti terbakar, menyebabkan muntah dan perut terasa penuh usai makan. Perlu diketahui, gastritis dapat terjadi secara perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis) atau terjadi tiba-tiba (gastritis akut). Dalam beberapa kasus, peradangan kronis lapisan lambung ini dapat menyebabkan perubahan struktur lapisan lambung dan berisiko berkembang menjadi kanker.

9. Angina

Nyeri dada yang disebabkan oleh menurunnya aliran darah ke otot jantung disebut angina atau angin duduk. Angina sendiri adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Gejala lain yang bisa dikenali adalah munculnya rasa mual, sakit perut sebelah kiri, rasa tidak nyaman pada punggung, leher, hingga rasa nyeri pada dada.

10. Radang usus besar

Radang usus besar atau dalam dunia medis dikenal dengan Ulcerative Colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala yang sering terjadi feses berdarah dan berlendir, sakit perut sebelah kiri, hingga diare.

Gejala lain yang bisa ditimbulkan dari radang usus besar ini adalah nyeri sendi pergelangan tangan dan kaki. Komplikasi yang bisa terjadi adalah perenggangan usus, pendarahan parah, hingga radang selaput perut.

11. Irritable bowel syndrome

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan. Penyakit IBS menyerang usus besar untuk jangka waktu yang lama, dengan gejala yang kambuh dari waktu ke waktu.

Gejala IBS bisa dikenali dengan sakit perut sebelah kiri, rasa kram perut, sering buang gas, hingga perasaan kembung. Gangguan ini juga bisa menyebabkan masalah pergerakan usus dari sembelit hingga diare.

Nah, itulah beberapa penyebab perut sebelah kiri sakit yang harus Anda tahu. Pada akhirnya, penanganan sakit perut sebelah kiri bisa dilakukan dengan perawatan sederhana atau konsumsi obat-obat yang dijual bebas di pasaran.

Namun, sakit perut sebelah kiri juga ada yang membutuhkan penanganan khusus. Oleh karenanya, penting untuk memeriksakan kondisi ke dokter jika nyeri perut sebelah kiri bertambah parah atau disertai gejala-gejala lain.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.